Follow us on Facebook

Sabtu, 24 Februari 2018

          Menghargai Pendapat Orang Lain

  Dalam kegiatan berdiskusi dalam hal belajar , berorganisasi maupun kegiatan berkumpul lainnya menghargai pendapat orang lain merupakan sikap yang sangat penting. Saat kita berdiskusi merupakan moment dimana setiap anggotanya berbagi pendapat dan mengungkapkan pendapatnya masing – masing. tidak menutup kemungkinan jika kita tidak menghargai pendapat yang diungkapkan hal itu dapat memacu turunnya peran serta setiap anggotanya dalam memberikan ide – ide serta masukkan dalam hal yang didiskusikan. Menghargai dan mendengarkan pendapat orang lain merupakan hal positif karena dengan begitu kita bisa mendapatkan masukan yang penting untuk diri kita, kelompok diskusi, atau pun demi kemajuan bersama.

  boleh saja jika kita tidak setuju dengan pendapat yang dikemukakan seseorang, hanya saja penyampaian ketidak setujuan itu haruslan disampaikan dengan baik dan bijaksana sehingga tidak menyinggung perasaan yang telah memberi pendapat tersebut. bayangkan saja jika kita tidak menghargai pendapat orang lain lalu kita menolak pendapat tersebut dengan cara yang kasar dan tidak baik maka pastilah orang yang memberi pendapat itu akan merasa sakit hati. sebelum kita memperlakukan orang lain seperti itu ada baiknya kita bayangkan jika kita ada diposisi orang tersebut pasti akan sangat tidak mengenakkan bukan? untuk itu ada baiknya kita menghargai orang lain jika kita sendiri ingin dihargai oleh orang lain.

  Misalnya saja minggu lalu saya dan teman saya mendiskusikan mengenai suatu hal yang akan kita kerjakan bersama. Dia pun memberikan ide – ide mengenai konsep yang akan digunakan untuk hal tersebut, namun saya tidak sependapat dengan pendapat dia. Maka saya pun memberikan tanggapan ketidaksetujuan akan ide yang diberikan olehnya dan memberikan ide yang saya punya namun alangkah terkejutnya dia justru menanggapi ketidaksetujuan pendapat saya dengan nada suara yang ditinggikan dan wajah yang kesal, saya pun hampir terpacu untuk melakukan hal yang sama terhadapnya. Namun hal itu saya pikir hanya akan memicu kesalah pahaman nantinya, untuk itu saya hanya diam dan mendengarkan apa yang dia katakan, setelah itu barulah secara perlahan saya berikan pendapat saya kepada dia.

  Manusia yang “Berjiwa Besar” adalah manusia yang mampu menghargai pendapat dan keyakinan orang lain sekalipun berbeda dengan pendapat dan keyakinannya. perbedaan bukan menjadi penghalang melainkan sesuatu yang bisa berdampingan meski tidak dapat bersatu

Februari 24, 2018 No comments » by Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Blogroll

[3,recent-posts]

Pages

About

A Theme For